Percobaan Kota Virtual : Peran Kritis untuk Desain Visioning


Percobaan VIRTUAL DAN TRANSFORMASI KOTA

Sengers et al. (2016) mendefinisikan percobaan transisi sebagai “inklusif”, praktik berbasis dan inisiatif yang dirancang untuk mempromosikan inovasi sistem melalui pembelajaran sosial dalam kondisi ketidakpastian dalam dan ambiguitas. Gagasan eksperimen kota virtual: pendekatan desain untuk menjawab tantangan-tantangan permasalahan kehidupan kota. Konsep eksperimen sedikit bersinggungan dunia yang “maya” dengan asosiasi 'virtual' dan 'digital', atau 'on-line'. Terlepas dari Teknologi yang digunakan dalam proses, konsep “maya” di sini berbicara tentang membangkitkan kemampuan manusia untuk membuat konsep realitas alternatif, untuk membayangkan dan untuk mengeksplorasi pikiran lain tentang hubungan (sosial, fisik, teknologi) dan diterapkan dalam kehidupan nyata.
Setiap penilaian yang realistis dari beberapa tantangan perubahan iklim menunjukkan bahwa manusia sedang menghadapi masa transformasi revolusioner, terjadi secara signifikan seperti yang ada di sejarah. Dibandingkan dengan pergeseran revolusioner masa lalu, seperti revolusi industri pertama yang berlangsung 80-100 tahun (Landes 1972), respon terhadap perubahan iklim antropogenik memiliki menjadi cepat serta fundamental, yang melibatkan transformasi teknologi serta sebagai gaya hidup dan praktek-praktek sosial. Jika masa revolusi ini terjadi tanpa pengawasan sosial maka akan terjadi karena inovasi kreatif, sebuah penerimaan ketidakpastian dan ambiguitas sebagai kondisi pengetahuan, dan keterlibatan sosial, budaya dan Tujuan ekonomi. Di sini kita mengeksplorasi kemungkinan eksperimen virtual sebagai salah satu jawaban dari pertanyaan masyarakat : bagaimana kita dapat melangkah cukup cepat, untuk menangani laju serta skala perubahan?
Kemampuan untuk membayangkan sesuatu yang baru dan untuk 'test' memungkinkan membawanya menjadi realistis,  tentu ini membutuhkan proses desain dan keterampilan desainer. Eksperimen kota maya dibangun di atas satu fitur penting dari semua aktivitas desain - visioning dan potensi baru dari konsep. Dua program kegiatan desain di University of Melbourne dalam Ecoinnovation Victoria Lab (VEIL) telah dieksplorasi dan disempurnakan dengan metode virtual eksperimen yang melibatkan desain dengan visi untuk mendorong inovasi yang cepat. Terdapat program yang telah berjalan enam tahun yang dikenal sebagai Eco-Akupunktur (ECOA) dan empat tahun Program Kota Nasional yang dikenal sebagai 'Visi dan Persiapan 2040' (VP2040). Kedua program tersebut membahas peneliti lingkungan, akademisi, guru dan desainer profesional dengan tujuan mempercepat inovasi dalam menanggapi tantangan perubahan iklim. Fokusnya adalah pada kehidupan urban dan kota, yang mencerminkan konsensus yang berkembang, bahwa ini mungkin konteks kritis di mana sosial, budaya dan teknologi transformasi ekonomi 'post-karbon' akan prtimbangkan.

IKLIM, KOTA DAN KEBUTUHAN TRANSFORMASI CEPAT

          Kita hampir setengah jalan melalui periode yang disebut sebagai 'dekade kritis' (Hughes dan Steffen, 2013), menjadi waktu di mana keputusan dan tindakan kita atas perubahan iklim yang akan menentukan keberhasilan atau kegagalan transisi pasca-karbon untuk menghindari akibatnya bagi masyarakat global. Ini bukan hanya masalah teknologi (meskipun itu adalah cara yang sering dilakukan) lebih dari itu adalah semata-mata sosial, ekonomi atau pemerintahan. Untuk mengatasi perubahan iklim memerlukan sistem yang berbeda secara fundamental, struktur dan praktek di semua bidang yang dikombinasikan. Respon terhadap perubahan iklim juga harus merangkul mitigasi dan adaptasi sebagai tujuan simultan, dampak karbon di atmosfer dan panas dalam sistem global mengartikan bahwa iklim berubah dan akan terus berubah untuk waktu yang lama.
              Pada tingkat strategis, harus disadari bahwa fokus segalanya lebih banyak di perkotaan. Lebih dari setengah populasi dunia sekarang tinggal di kota-kota dan kontribusi terhadap produksi gas rumah kaca global dari kota diperkirakan 75%, bahkan meskipun mereka hanya menempati sekitar 2% dari luas lahan global (Satterthwaite dan Dodman 2009; UNEP 2011; Hajer dan Dassen 2015). Hampir setengah dari kota-kota dunia yang dianggap menderita efek langsung dari perubahan iklim (UNEP 2011). Itu tantangan penting untuk kota di periode ini, transformasi iklim menuntut mereka memiliki sistem adaptif kompleks dengan dependensi built-in dan bertahan bertahun-tahun pada konstruksi mereka. Hal ini berguna untuk transformasi pasca-karbon dari kota sebagai proses 'Dis-embedding' semua dasar-dasar energi.

STUDI KASUS
The Eco-Acupuncture (ECOA) Program

       Eco-Acupuncture diluncurkan pada tahun 2008 sebagai 'desain-penelitian-keterlibatan-aksi' Program ini untuk membantu mengembangkan inovasi yang relevan dengan de-karbonisasi ekonomi dan pengembangan infrastruktur yang tangguh dari iklim. ECOA memiliki beberapa tujuan, yaitu :
  • memeriksa masalah bagi ketahanan lokasi perkotaan tertentu
  • mempertimbangkan interaksi sistem yang kompleks yang membentuk bagian dari masalah tersebut
  • memvisualisasikan kemungkinan masa depan untuk menyelesaikan masalah yang teridentifikasi dan meningkatkan ketahanan
  • merancang serangkaian intervensi sebagai 'titik transformasi' menuju rendah karbon dan tangguh

ECOA telah dikembangkan sebagai satu set kemitraan dengan kota-kota dan komunitas di mana minat peluang transformasi tinggi. Selama periode 2009-14 Program ini telah terlibat dengan lima kota metropolitan Melbourne dan dua negara kota-kota di negara bagian Victoria (Anglesea dan Creswick).

THE VISIONS AND PATHWAYS 2040 (VP2040) PROJECT

            VP2040 adalah multi-bermitra penelitian, dengan pendanaan dari Pusat Penelitian Rendah Karbon Hidup di Australia untuk memeriksa potensi di empat kota di negara bagian Australia selatan demi meningkatkan ketahanan dan mengurangi emisi gas rumah kaca sampai 80% di tahun 2040. VP2040 melibatkan tim kecil peneliti di tiga universitas (Melbourne dan Swinburne di Melbourne Victoria dan University of New South Wales di Sydney) dengan kolaborasi bisnis multi-nasional di bidang desain, perencanaan dan rekayasa jasa dan konstruksi. VP2040 dibangun di atas pendekatan metodologis ECOA, memproyeksikan visi dan skenario untuk masa depan kota-kota dan bertujuan untuk mengidentifikasi titik intervensi dan penelitian masa depan.

Sebagai contoh, terdapat dua gambar berikut (gambar 1 dan 2) dimaksudkan untuk membuat kemungkinan, untuk menantang harapan tentang ketetapan masa depan. Gambar ini menunjukkan alternatif yang masuk akal perubahan sistemik ditahun 2040. Menampilkan kehidupan kota di masa depan, yang mencerminkan perubahan sosial, budaya, ekonomi dan gaya hidup. Konsep ini dibuat oleh oleh desainer profesional yang menghadiri lokakarya visi. 



                                        (gambar 1 : Perubahan konsep sosial ditahun 2014 dan 2040)





                                      (gambar 2 : konsep jembatan pelabuhan Sydney ditahun 2040)



KESIMPULAN

Pendekatan eksperimen virtual mendefinisikan tiga kategori dari pentingnya pengambaran dalam sebuah proses. Pertama, gambaran inspirasi yang bertujuan untuk menggeser batas-batas apa yang dianggap diperbolehkan, diinginkan dan kemungkinan untuk sistem dan kondisi di masa depan. Kedua, gambaran kemungkinan perubahan yang membuka diskusi tentang bagaimanamembuat bangunan yang sesuai di masa depan. Ketiga, gambaran intervensi untuk melakukan pembangunan segera agar terealisasikan. 
Tujuan desain menyeluruh ini adalah untuk membangkitkan kemungkinan sistem arsitektur baru (mendistribusikan air, pangan, energi, transportasi, shelter, dll). Untuk ECOA dan VP2040 itu dianggap penting (oleh dewan lokal dan perwakilan masyarakat) bahwa ini harusnya rendah biaya dan karena itu resiko untuk gagal juga rendah. Hal ini menunjukkan parameter baru yang penting untuk 'laboratorium hidup' di kehidupan nyata.
Visi berjangka transformatif adalah proses yang sulit, terlebih lagi untuk orang-orang tanpa Pengalaman bangunan skenario sistematis. Salah satu tantangan yang sering muncul adalah mengatasi persepsi tertanam tentang masa depan dan sifat perubahan proses. Dari pengalaman ECOA dan proyek VP2040, jelas bahwa konsepsi masyarakat masa depan mencerminkan persepsi mereka tentang bagaimana dunia bekerja, bagaimana tingkat perubahan dapat terjadi. Proses visioning sering mengungkapkan kecenderungan peserta untuk proyek status-quo (pembangunan-as-usual) baik di luar umur layak nya. Dengan tidak adanya proses yang membantu peserta untuk menjadi sensitif terhadap hal yang mengganggu dalam aliran perubahan, konsepsi masyarakat terhadap masa depan akan cenderung hanya melibatkan penyimpangan ringan dari lintasan arus pengembangan. 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Percobaan Kota Virtual : Peran Kritis untuk Desain Visioning"

Posting Komentar