Pengaruh cinta kasih dalam kehidupan manusia



Pengertian cinta kasih
Cinta adalah rasa sangat suka atau sayang ataupun rasa sangat kasih atau sangat tertarik hatinya. Sedangkan kata kasih, artinya perasaan sayang atau cinta (kepada) atau sangat menaruh belas kasihan. Dengan demikian cinta kasih dapat diatikan sebagai perasaan suka (sayang) kepada seseorang yang disertai dengan menaruh belas kasihan.

Terdapat perbedaan antara cinta dan kasih, cinta lebih mengandung pengertian tentang rasa yang mendalam sedangkan kasih merupakan pengungkapan untuk mengeluarkan rasa, mengarah kepada yang dicintai.

Cinta juga selalu menyatakan unsur  - unsur dasar tertentu yaitu:
  • Pengasuhan, contohnya cinta seorang ibu kepada anaknya.
  • Tanggung jawab, adalah tindakan yang benar – benar bedasarkan atas suka rela.
  • Perhatian, merupakan suatu perbuatan yang bertujuan untuk mengembangkan pribadi orang lain, agar mau membuka dirinya.
  • Pengenalan, merupakan keinginan untuk mengetahui rahasia manusia

Pengaruh cinta kasih dalam kehidupan manusia
Pada hakikatnya semua makhluk hidup pasti memiliki rasa kasih sayang dan cinta kasih di dalam dirinya. Seperti halnya manusia. Manusia yang tumbuh di tengah-tengah keluarga yang penuh dengan cinta kasih pasti akan memiliki sifat yang penuh dengan cinta kasih juga. Sifat yang penyayang dan penyabar dapat tercipta dari kehidupannya yang di bentuk di ruang lingkup yang paling utama yaitu KELUARGA.

Anak yang hidup di tengah-tengah keluarga yang harmonis pasti lah memiliki kepribadian yang lebih baik di bandingkan dengan seorang anak yang tumbuh besar di tengah-tengah  keluarga yang kurang atau bahkan tidak harmonis. Emosi dan sudut pandang seseorang dalam menghadapi suatu masalah merupakan salah satu contoh yang paling mudah di lihat. 
Maka untuk para orang tua, berusahalah menjadi orang tua yang baik, yang selalu membekali anak-anaknya dengan cinta kasih dan nilai-nilai keagamaan agar tercipta kepribadian yang baik pula.

Setelah lingkup keluarga, cinta kasih juga dapat terjalin di dalam masyarakat. Contohnya dijaman sekarang pacaran merupakan hal yang lumrah dan dapat ditemukan hampir disetiap tempat yang kita tuju. Sebenarnya tidak ada yang salah jika menjalin hubungan pacaran selagi itu semua untuk memotivasi kita agar lebih baik lagi dalam menjalani kehidupan.
Namun berpacaran juga dapat menimbulkan efek negatif jika kita tidak dapat mengelola waktu dengan baik. contohnya kita bisa membuang-buang waktu hanya untuk berpacaran, padahal masih banyak kegiatan positif yang dapat kita lakukan. Intinya sesuaikanlah dengan diri kalian apakah perlu atau tidak.

Sumber

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengaruh cinta kasih dalam kehidupan manusia"

Posting Komentar